Selasa, 14 Februari 2017

PURI AVIA HOTEL & CONFERENCE RESORT PUNCAK

Kawasan Puncak, Bogor, masih menjadi destinasi wisata favorit yang tidak pernah bosan untuk dikunjungi. Selain karena letaknya relatif dekat dengan ibukota Jakarta, hawanya sejuk, pemandangannya indah dan alami, tempat wisatanya banyak, juga tersedia banyak penginapan dan hotel yang akan menunjang kegiatan jalan-jalan kita.

Salah satu tempat menginap yang cukup berkesan yang pernah saya kunjungi adalah Puri Avia Hotel & Conference Resort. Kebetulan akhir pekan lalu saya dan keluarga berkesempatan menginap disana. Lokasinya di Cipayung. Kalau dari arah Jakarta, posisinya sebelum Restoran Cimory Riverside. Ada di sebelah kiri. Di bagian depan pintu masuknya ada tulisan PURI AVIA yang besar berwarna kuning. Saat masuk ke area resort, kita akan melihat sebuah kompleks penginapan yang asri dan alami dengan view gunung dan sungai yang mengalir membelah resort. Lengkap dengan sensasi jalan yang naik turun khas kontur tanah di pegunungan. Suasananya sangat tenang dan jauh dari kebisingan.

We prefer to choose a resort

Saya mengetahui resort ini dari hasil penjelajahan di internet. Namun sayangnya belum ada review yang lengkap dari para pengunjung yang pernah menginap. Jadilah saya memilih resort ini dengan hanya melihat gambar yang ada di internet dan harganya yang masih terjangkau. Saya dan keluarga memang lebih memilih penginapan berbentuk resort ketimbang wisma atau hotel. Selain harganya yang terjangkau, resort biasanya memiliki lingkungan yang menyatu dengan alam setempat. Jadi lebih asri dan alami.

Setelah memesan kamar via telepon dua hari sebelumnya, kami pun berangkat menuju Puncak. Pukul 4 pagi kami berangkat dari rumah di Ciledug, Tangerang, agar tidak kena macet. Sampai di Puri Avia jam 5.30. Berhubung check-in baru bisa dilakukan jam 7 pagi, kami pun jalan-jalan dulu ke atas, ke daerah sekitar restoran Rindu Alam, Puncak Pas. Karena pagi itu hujan mengguyur tak henti-henti dan kabut begitu tebal, akhirnya niat kami untuk berfoto-foto di kebun teh tidak terlaksana. Kami hanya sarapan dan mengobrol di mobil saja menunggu jam 7 pagi.

Check-in

Jam 7.30 kami sampai di Puri Avia dan check-in. Saya sekalian melunasi pembayaran kamar. Saya memesan 2 kamar standar @ 450rb dan 2 ekstra bed @ 100rb, total seharga 1,1 juta. Include breakfast untuk 6 orang. Dari resepsionis kami diantar menuju kamar... woooww... jalanannya mendaki gunung lewati lembah. Melewati banyak kamar dan villa yang lingkungannya asri. Rupanya kawasan resortnya luas, sampai menyeberangi sungai segala diatas jembatan. Pokoknya indah deh... Oh ya, kamar kami letaknya paling jauh, di ujung belakang resort, dan sedikit tersembunyi. Tapi tetap terkesan hangat dan tidak sunyi. Kamar kami dekat dengan beberapa meeting room dan gedung pantry. Tenaga security dan roomboy juga siaga setiap 100-200 meter. Jadi walaupun resort ini luas, tetapi kalau kita butuh apa-apa tidak akan sulit meminta bantuan. Apalagi khusus tipe kamar kami, tidak tersedia telepon di dalam kamar. Jadi kalau ada perlu apa-apa seperti meminta air minum panas, kami harus berjalan sedikit menemui petugas.

Sampai di kamar...

Wooww... cukup nyaman dan lengkaplah untuk kategori kamar standar. Kamarnya bersih, ornamen minimalis, bed dipasang seprai dan sarung bantal putih, ada TV, rak baju, washtafel, kipas angin plafon, sandal, wellcome drink (air mineral, teh dan kopi sachet lengkap dengan seteko air panas), handuk, sabun, shampo, toilet di dalam, shower air hangat, dan closet duduk. Adik bungsu saya Nahel dan anak saya Dova langsung naik ke kasur dan menikmati kenyamanannya, khas anak-anak. Sedangkan saya dan suami sibuk menurunkan barang-barang keperluan kami dari mobil ke kamar. Mobil kami diparkir persis di depan kamar.

Di kamar sebelah, ayah dan ibu saya sibuk berganti pakaian, rupanya mereka mau berenang! Hahaha... Rupanya cuaca dingin dan hujan tidak menyurutkan semangat keduanya untuk bersenang-senang mengusir kepenatan sehari-hari. Adik saya yang satu lagi, Iwa, memilih tidur di ekstra bed di sebelah bed ayah dan ibu. Maklum, dialah driver kami, jadi harus cukup istirahat.

Selesai beres-beres, rombongan kami berjalan ke kolam renang yang relatif dekat dari kamar kami, yaitu kolam yang di sebelah sungai. Hiiii... airnya dingin. Karena cuaca memang sedang gerimis. Puas berenang, kami pulang ke kamar, mandi air hangat, dan makan pop mie... nyam...nyam...nyam...

Siangnya kami berjalan-jalan di kawasan puncak dan baru pulang malam hari. Karena kelelahan seharian beraktivitas, selanjutnya apalagi kalau bukan... bobo cantik. Hehehe...

Paginya kami berjalan-jalan menjelajah keliling resort...

Mau apa lagi kalau bukan berfoto-foto sambil menikmati udara segar pegunungan yanga jarang-jarang bisa diadapat. Inilah beberapa foto hasil jepretan kamera HP ibu saya. Tarraaa...

Setelah puas berfoto-foto, kami sekeluarga naik mobil ke restoran di sebelah gedung resepsionis, untuk sarapan.  Setelah menyerahkan 6 lembar breakfast vouchers, kami pun mengambil tempat. Kami memilih kursi yang semi bale. Karena saat itu Dova masih tidur dan kami beniat membaringkannya di kursi lebar itu. Restorannya cantik. Banyak spot-spot berfoto yang unik. Sambil menunggu makanan diantar, kami pun mengabadikan momen kebersamaan dengan berfoto-foto ria. Cekrek!

Tidak terasa, makanan sudah tersaji di atas meja. Menunya ada nasi goreng sayuran, bihun goreng, ayam goreng, dan kerupuk dalam tiap piring, plus teh tawar dilengkapi dengan gula sachetan. Kalau kita membeli sarapan ini terpisah tanpa mengambil bed, maka akan dicharge 50rb. Wah, mahal juga ya...

Porsi sarapan kami tandas dalam sekejap. Maklum, pagi-pagi laper dan cuaca mendukung. Selesai makan kami menyempatkan diri untuk berenang kembali. Tapi kali ini di kolam renang yang berbeda. Letaknya lebih di atas, dekat pintu masuk. Kemarin kami tidak kesini karena tidak sanggup menanjak. Karena kemarin kan jalan kaki.

Woow... kolamnya lebih besar dan dalaaam... Airnya bersih. Adik-adik saya yang hobi berenang dan menyelam serasa mendapatkan surga. Yeaaayyy!!! Setelah pemanasan sedikit, kami semua... Byuurrr... nyebur ke kolam dengan bahagia.

Setelah puas berenang, tanpa membilas tubuh, kami langsung masuk mobil. Kami berencana langsung mandi di kamar saja. Setelah mandi, berpakaian, packing ulang, beres-beres kamar, dan memasukkan barang-barang kembali ke mobil, kami pun berangkat check-out. Waktu itu pukul 10.30 pagi.

But...

Itulah cerita pengalaman saya menginap di Puri Avia, secara umum menyenangkan. Petugasnya ramah-ramah. Suasananya enak. Hanya saja ada sedikit pengalaman kurang memuaskan, yaitu pasta gigi dan sikat gigi di kamar kami belum kunjung dikirim sampai kami pulang, padahal sudah dua kali meminta. Untungnya ibu saya selalu membawa sikat gigi dan suami saya berinisiatif untuk membeli sikat dan pasta gigi di minimarket sepulang jalan-jalan. Satu lagi, petugas laundry yang dijanjikan datang jam 7 untuk menyetrika baju kami yang kusut, tidak kunjung datang sampai jam 10. Alasannya laundry baru buka jam 8. Berhubung jam 10 saya sudah mau berangkat dan berpakaian lengkap, walaupun sedikit kusut karena tidak diseterika lagi, saya membatalkan order layanan setrika tersebut. Untung baju kami kusutnya tidak parah-parah amat, jadi masih okelah untuk dipakai. Maklum, kami berencana mau ke undangan pernikahan sepupu dulu di Cisarua sebelum pulang ke Jakarta.

But overall... everything is okay

Sejauh ini pengalaman saya positif menginap di resort ini. Mudah-mudahan cerita saya bermanfaat bagi sobat blogger yang berencana menginap di Puncak dengan suasana resort. Berikut adalah sedikit informasi tentang Puri Avia Hotel & Conference Resort.